Knalpot Racing Pake DB Killer Aman Dari Razia? Salah Besar Mas Berooo..

Posted: Desember 1, 2014 in otomotif

Seperti yang sudah kita ketahui mas bro, bahwa biasanya menjelang akhir tahun, tepatnya pada  pihak Kepolisan Republik Indonesia rutin menggelar razia besar besaran baik itu kendara’an roda dua ataupun kendara’an roda empat, dan apesnya ane kena imbasnya dari operasi tersebut. Sedikit spek motor ane  : Yamaha Ovi th 2010 mesin standar ting ting, body motor semuanya utuh kepasang termasuk speedo, klakson ban plus velg juga masih ory bawa’an pabrik, spion juga dua duanya ory, headlamp, stoplamp dan sein juga idup smua. Cuman atu yang kena sentuhan modif yaitu di bagian knalpot, disini motor ane memang menggunakan knalpot aftermarket yang bermerk Nob1  soalnya knalpot orynya rusak habis crash dan belum sempet benerin, tetapi dengan catatan Db killernya tetep ta pasang biar ga terlalu berisik.

image

Motor ane

Nah singkat cerita di hari Minggu pada tanggal 30 November akhir bulan kemaren, ane rencana memang mo mudik dari tempat ane nyari duit di Jogja ke Magelang yang hanya berjarak kurang lebih 38 an km, sengaja memang pulang siang karena di pagi hari cuacanya mendukung buat ngebo :p . Skip skip berangkat sekitar jam 1 siang dan sengaja lewat dalam kota biar ga terlalu jauh eh ndilalah apes menghampiri. Yapz di lampu merah tepatnya di perempatan Pingit sebelah baratnya Tugu Jogja, didepan ane ada pengendara si kebo Byson yang make snalpot R9 tanpa Db Killer dan disamperin lah ama polkish yang lg ngelaksanain kewajibannya ngebalikin modal eh salah ding coretttt, dan ane pun pede aja cz biarpun snalpot ane aftermarket tapi kan pake Db Killer jadi yo santai santai wae soalnya dari warungnya kang jombliz disini knalpot aftermarket yang mempunyai fitur Db Killer itu aman dari razia.

image

Weladalah ternyata prediksine salah total, tetep aja ane disamperin ame pak kumis diminta Sim plus Stnk nya dan disuruh mampir ke pos polkish disamping lampu merah, mampir mau ngopi? Oh tentu tidak, tentu saja buwat ngurusin pelanggaran yang ane rasa ane kaga perbuat, lha gimana ngelanggar orang pake knalpot aftermarkep ada Db Killernya jelas jelas  dasi screenshoot diatas dibolehin ko sama Mabes Polri. Sampe di pos pun ane sempet beradu argumen ama tu polkish
Ane : “kenapa knalpot ane yang ada Db        Killernya tetep aja kena razia Pak?”
Polkish : (jawaban klasik) “Itu knalpot blombongan ra oleh dinggo mas”.( Itu knalpot blombongan ga boleh dipake mas).
A  : “tapi kan ga terlalu berisik pak orang ta pakein Db Killer juga toh”.
P  :  “Tetep aja ga boleh mas”.
A  : ” Lha mbok ditutup wae pak pabrik’e ben ra dodol knalpot kaya ngene, wong knalpot wiz go Db killer ae ko ijeh keno razia ” (ditutup aja pak pabriknya biar ga jualan knalpot kaya gini, orang knalpot udah pake Db killer ko juga masi kena razia).
P  : “Saya hanya menjalankan tugas mas”.
Terus pak kumis mulai nulis nulis di buku tilang, dan kembali adu argumen pun terjadi  :
P  : “Kuncine ndi mas”. (Kuncinya mana mas).
A  : (belaga bego) “Kunci opo pak”.
P  : “Kunci motor mas, mengko motor iso dijupuk nak wiz gowo knalpot asline”. ( nanti motor bisa diambil kalau sudah bawa yang aslinya ).
A  : (sengaja ngumpetin kunci) ” Kuncine neng motor Pak”.
P  : (nyamperin motor ane clingak clinguk nyari kunci) “Ndi Kuncine mas’.
A  : ” Ki lo pak, nak motore disita aku muleh nang Magelang pie pak, nak kon gowo knalpot asline ya kangelan wong ndadak ngelaske barang, lha nak ngelaske kan yo mesti ngepaske karo pit’e to?” (begini pak, kalau motornya disita saya pulang ke Magelang gimana pak, kalo disuruh bawa knalpot aslinya juga sulit karena harus dilas dulu, dan kalo ngelas knalpot kan harus dicocokan sama motornya to?)
P  : (dengan entengnya menjawab) “Tuku meneh to mas”. (Beli lagi to mas)
A  : (agak melotot) “400 ewu pak, kuwi second, kon tuku meneh”. (400 ribu pak, itu bekas lagi disuruh beli lagi).
P  : “Yo nyileh kancamu ndisik mas”. (Pinjem temenmu dulu mas).
A  : “Kancaku ra ono sing duwe pak” (Temenku ga ada yang punya pak)
P  : (nada bicara mulai tinggi) “Ndi kuncine mas”.
A  : (Ane diem aja tanpa ekspresi).
P  : (pak polisi keluar pos terus ngadu sama atasanya) “Ki lo ndan bocae ngeyel motore ra gelem disita”. (Ini lho ndan anaknya ngeyel motore ga mau disita).
P2 (atasan polisi tadi) : (agak ngebentak)”Ndi mas kuncine”.
A    : (tetep masih diem)
P2  : (ngomong ke polisi lainya tapi matanya tetep ke arah ane) “Motore diangkut wae go mobil, dikei catetan motor’e ra entuk metu seko polres nak durung ono sesasi’. (Motornya diangkut mobil aja, terus diberi catetan motornya ga boleh keluar dari polres kalo belum ada sebulan).
A    : (dengan badan lunglai terus ngasi kunci ke kumendanya tadi).
P2  : (nolak kunci yang ane berikan) “Wiz teko diangkut wae motore”.
A  : (nyari polisi yang razia ane sama ngasihin itu kunci motor, terus tanda tangan surat cinta eh tilang).
P  : (ngasih Sim plus Stnk).

Kelar dari pos polkish tersebut bingung mau pulang ke rumah ato balik ke tepat gawe, akhirnya diputusin pulang kerumah aja naek bus Transjogja turun jombor habis itu naek Bus ke Magelang. Banyak pengalaman real kalo motor di inepin di kantor polisi itu pasti keluar ga utuh alias ada yang kurang, entah bensin yang abis, variasi motor ilang ato bahkan sparepart yang ilang. Nah itu yang ane cemasin soalnya tangki masi dalam keadaa’n fulltank, ditambah ada holder bwt naruh hape plus ada charger hape juga di setang. Hmmm mudah mudahan aja masih utuh semua.

Last bagi mas dan mba semuanya jikalau memang motornya masih menggunakan knalpot yang bukan standartnya alias aftermarket baek dengan ataupun tanpa Db killer hendaknya jangan dipake dulu atau biar lebih ama diganti aja dengan snalpot yang sutandar jika memang tidak ingin bernasib sial kaya ane, soalnya polisi ga mandang itu bermerk ato enggak, ber Db  killer ato enggak asal liat motor tanpa snalpot standar yawdah disikat tanpa ampun…mau ngeles gimanapun tetep aja sulit. Tapi ga tau juga sih k lo ada motor Rx King ataupun Moge yang jelas suaranya lebih kenceng dan menggelegar akan kena razia ato enggak.

Posted from WordPress for Android

Komentar
  1. Kris berkata:

    Halah jejeli knalpot lak uwes

  2. aztecmilitia berkata:

    susah om klo kuat kuatan argumen sma polisi

  3. No harley suarane koyo ngono yoh gak di tilang….

  4. udin saepudin berkata:

    Sudahlaah, kasihani mereka yang hanya ingin memberi makan anak keluarganya

  5. man in hole berkata:

    Coba tanya mas undang2 nya apa yg mengatur masalah kenalpot. Blum tentu para laler2 ijo itu ngerti. Soalnya ada ambang batas suara maksimal 80 desibel yg diperbolehkan utk kendaraan roda 2 ber cc antara 80 sd 175. Kalo suara nya masih dibawah itu ya aman saja.

  6. Feri Krisna M berkata:

    Dieyelli no mas, Tanya UU no brapa ttg knalpot, brapa db (desibel) ambang kebisingan yang dibolehkan, nak ra injoh jawab ngotot arp nilang seseli karbu lambene mas

  7. Marco berkata:

    Wkk komen ah di artikel lawass
    Dulu saya jg prnh ditilang karena knalpot racing. Alasan sy pk knalpot racing pun karena knalpot asli udh karatan dan keropos.
    Ketika di tilang saya bersikeras merasa tdk bersalah soalnya knalpot sy pake db killer dan emang gak berisik kok. Saya bersikeras soalnya diaturan pun yg ditilang itu yg nilai suaranya dlm satuan db melebihi aturan. Saya tantang aja buat ukur suara knalpot saya untuk membuktikan dan mereka ternyata gak punya alatnya.
    Merrka tetep bersikeras mau nilang krn knalpot kgk standar yg sebenernya kagak ada aturannya, yaudah saya bilang sambil nyalain kamera hp “saya rekam nih ya polisi yg bikin aturan sendiri, kagak ikut undang undang yg berlaku, main asal tilang tanpa terbukti kesalahan. “ceritain pak kesalahan saya apa, aturan undang undangnya apa.” sambil saya rekam.
    Polisi td malah ngeloyor cabut lalu keliatan diskusi mungkin sama komandannya, dan akhirnya saya dipersilahkan pergi wkk.
    Yg jelas kl agan ditilang karena knalpot racing minta aja diukur suaranya, kl mereka gak ada alat agan tidak terbukti menyalahi aturan, soalnya yg ada diaturan itu soal suara bukan knalpot racing atau blombongan.

    • Ibam.R berkata:

      Wahahaha sama banget kaya saya. Saya ngga lama ini kejadian percis kaya mas marco, saya bilang aja “saya ngga melebihi aturan ko pa, saya ngga akan seenaknya ganti knalpot kalo saya ngga tau aturannya dan ngga memperdulikan kebisingannya. Coba sekarang bandingin suara knalpot saya sama knalpot aftermarket lain pasti kalah. Dan yang lebih penting lagi knalpot saya slip on bukan full system. Bukannya di peraturan ada jumblah batas desibelnya pa?” Eh malah pergi dengan muka tanpa ekspresi. Yang saya aneh ko kalo di tanya gitu ngga mau jawab dan dia pasti tau dong aturan aturan lah dia polisi. Kita susah sih kaya artikel di atas mereka susah di lawan magsudnya di lawan kita susah membela diri karna mereka kuat dalam arti kuat karna mereka penegak hukum dan kita hanya sebagai citizen. Ohya menambahkan selain punya db killer kenalpot slip on juga legal, karna memang full system hanya di perbolehkan untuk ajang balap/di circuit.

  8. Tomo berkata:

    Ini polisi memang sengaja cari gara gara. dituntut balik juga bisa. Emang polisi itu malaikat?.

  9. lek moge poo suarane banter g ditilang cokk asu polisi. Ajak duel ae

  10. […] Karena ada dualisme penerapan peraturan inilah banyak pemotor yang kebingungan dan terjadi perselisihan saat razia seperti diceritakan BandungMotorBlog, Aripitstop.com, dan RearDiskBrake. […]

  11. […] Modif begituan wajar bila berkembang. Karena kan sekarang knalpot racing dilarang. Mau yang senyap sekalipun akan ditilang: Knalpot Racing Pake DB Killer Aman Dari Razia? Salah Besar Mas Berooo.. […]

  12. kritisijalan berkata:

    emang peraturan tu cm ditulis doang…jaman sekarang tu pelayan mlh berkuasa

  13. nola.turan berkata:

    emang peraturan tu cm ditulis doang…jaman sekarang tu pelayan mlh berkuasa

  14. joeno berkata:

    Sy jg pernah,spt itu..motor disita..
    Yo wis,minta tolong sm sodara aj dr angkatan dgn pangkat lumayan tinggi…
    Akhirnya motor sy dikembalikan sm polisi yg nilang…langsung diantar ke rumah..
    Ra sakno kowe..hehehe

  15. Abhi berkata:

    Kalo argumen sebaiknya liatin undang -undang mas browsing di google batas desibel ketentuan penggunaan kenalpot dan di sna di tulisan batas desibel untuk kendaraan 80-170 cc desibel nya 80 dan bisa di cek pake aplikasi playstore sound meter. Agar argumen berdasarkan bukti lebih kuat.

  16. Gusti berkata:

    Koq bisa.Di tempat gua..pake db killer gak ke tilang..motor gua CBR 150 R..
    Sebenarnya suara knalpot di perbolehkan “nyaring” kalo sesuai dengan CC kendaraan tersebut..mulai 250 hingga 1000 CC..ketentuan maksimal desibel suara beda2..tp kalo motor di bawah 150 CC pake knalpot racing..biasanya emang di “coel” buapak polisi..krn tdk sesuai dgn kapasitas mesin..walau pakai db killer..gitu menurut sepengetahuan gua..

  17. […] Knalpot aftermarket,ada yang bilang knalpot blombongan,lebih familiar dengan sebutan knalpot racing ( resing) dan di beberapa daerah di sebut knalpot telo ( telo di Jawa Timur artinya Singkong ). Akhir-akhir ini lagi marak pembahasan tentang knalpot model ini sehubungan dengan di gelarnya operasi Zebra oleh Polri di Seluruh Wilayah NKRI. Kontroversinya jelas,knalpot ini di anggap terlalu berisik dan melanggar standar kebisingan. Padahal di antara pemakai knalpot ini tak sedikit yang mengaplikasikan db killer agar suara knalpotnya tak terlalu berisik,tapi tetap saja dalam fakta di lapangan ketika Razia berlangsung penguna knalpot racing plus db killer masih kena tilang,seperti yang di alami teman blogger asal Magelang dalam tulisannya DI S I N I. […]

Tinggalkan komentar